seorang psikolog pendidikan berperan dalam hal yang umum saja dalam proses pendidikan. seperti masalah kurikulum, situasi pendidikan, dan hal-hal apa saja yang dapat menunjang siswa dalam proses pembelajaran. lain halnya dengan psikolog sekolah. Psikolog sekolah menjalani hal yang lebih khusus lagi dalam pendidikan. Seperti masalah kejiwaan siswa dalam suatu sekolah.
peran psikolog pendidikan adalah sebagai berikut:
peran psikolog pendidikan adalah sebagai berikut:
mempelajari materi ini perlu memperhatikan hal-hal berikut :
1. Proses perkembangan siswa
proses ini tentu saja harus disadari oleh individu yang bekerja dalam pendidikan. Perkembangan siswa – terlebih dalam ranah cipta – dengan segala variasi dan keunikannya merupakan modal siswa untuk belajar, apapun halnya.
2. Cara belajar siswa
dalam hal ini berkaitan pula dengan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam belajar.
3. Cara menghubungkan belajar dan mengajar
4. Pengambilan keputusan untuk pengelolaan proses belajar mengajar.
sedangkan peran psikolog sekolah yaitu :
Penekanan : Tercapainya tujuan pendidikan di Sekolah
Lima faktor yg menentukan kerumitan luasnya peran :
a.Tingkat pelayanan
b.Tingkat psikodiagnostik : pembina/pelaksana tes, wawancara, observasi , mempelajari data prestasi belajar siswa, pemberian laporan dan saran
c.- Tingkat klinis dan konseling : melaksanakan praktek klinis psikoedukasi, membuat laporan &rekomendasi, konsultasi dg guru atau ortu, konseling.
Intervensi siswa, orang tua, guru: pendd afektif dlm kelas, penataran bagi staf, pendd ortu siswa, konsultasi-kerjasama dg guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar